Mengantuk Saat Berkendara Bisa Sebabkan Kecelakaan, Hindari dengan Cara Ini


Mengantuk saat berkendara selalu menjadi momok bagi banyak orang. Karena mengantuk saat berkendara sangat berisiko mencelakakan diri maupun orang lain. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan kesadaran untuk semaksimal mungkin mencegah kejadian mengantuk saat mengemudi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang agar tidak mengantuk saat berkendara. Antara lain seperti yang dilansir Uber berikut ini, dalam rangka memperingati Hari Tidur Sedunia yang jatuh pada Jumat, 16 Maret 2018.

1. Jangan ragu untuk menepi sejenak

Ketika Anda telanjur berada di perjalanan dan tiba - tiba kantuk menyerang, paksakan untuk menepi. Jangan lupa, pilih tempat menepi yang aman, seperti pom bensin, rumah sakit, atau hotel.

2. Jika memilih tidur di mobil, matikan AC

Kematian tidak diharapkan sering terjadi akibat tidur di dalam mobil yang AC-nya menyala. Hal ini disebabkan adanya risiko gas CO dan emisi sisa pembakaran yang terhirup tanpa sengaja. Maka alangkah lebih baik jika Anda membuka sedikit jendela dan mematikan AC. Namun sekali lagi pastikan, Anda parkir di tempat yang aman.

3. Jangan paksakan menyetir

Ada kalanya, kita mengetahui pasti kondisi tubuh sedang mengantuk atau lelah. Maka jangan paksakan untuk tetap menyetir atau berkendara sendiri. Gunakan alternatif kendaraan lain, seperti kendaraan umum atau taksi dan ojek online.

4. Sebelum mengemudi, pastikan untuk beristirahat

Seperti dilansir AAA Foundation for Traffic Safety, pengemudi yang kurang tidur atau tidur di bawah 6 jam sebelum mengemudi berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas hingga empat kali lebih tinggi dibanding mereka yang cukup tidur sebelum berkendara. National Highway Traffic Safety Administration bahkan menyebut, risiko mengantuk saat mengemudi sama besarnya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk.

5. Istirahat di sela perjalanan

Untuk perjalanan panjang, minimal setiap dua jam sekali, pastikan untuk beristirahat, seperti direkomendasikan AAA Foundation for Traffic safety. Atau mampirlah di rest area per 160 kilometer perjalanan. Sebelum mengemudi, hindari juga makan terlalu berat atau mengonsumsi obat - obatan yang bisa sebabkan kantuk.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==