Kunci Agar Tumbuh Kembang Anak Optimal, Menurut Ahli


Setiap orang tua tentu menginginkan tumbuh kembang anak - anaknya bisa optimal. Sehat secara fisik dan juga cerdas dalam kemampuan berpikir. Untuk mencapai hal tersebut, keluarga memiliki peranan yang penting.

"Semua orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal, sehat, cerdas, kreatif, berperilaku baik dan berprestasi. Tapi itu semua tidak bisa terjadi tanpa adanya peran keluarga," ujar dr. Soedjatmiko di event Dancow Inspiring Mom beberapa waktu lalu.

Diungkap Dr. dr. Soedjatmiko, SpA (K) MSi, ada empat pilar penting yang bisa dilakukan orang tua untuk bisa mencapainya.

1. Nutrisi

Peran keluarga sendiri diperlukan sejak dalam kandungan dan hal yang paling utama adalah nutrisi. Pasalnya, nutrisi sangat diperlukan untuk membentuk orang tubuh seperti mata, telinga, otak, otot, tulang dan termasuk sistem kekebalan tubuh. Peran ibu di sini adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Sedangkan ayah berperan mendukung dan menyediakan kebutuhan ibu saat hamil.


2. Stimulasi

Tidak lupa, saat bayi di dalam kandungan juga harus diberi stimulasi. Misalnya dengan ibu yang mengajak berbicara janinnya dan mengelus perut. Setelah lahir pun, anak bisa diberi stimulasi dengan cara bermain dan memberi contoh. Misalnya, dengan mengajak berbicara, menunjukkan benda atau gambar dan memberi kesempatan untuk meniru dan mencontoh.

3. Kasih Sayang

Kasih sayang diberikan dengan cara dipeluk, dicium, diberi pujian, diberi tepuk tangan atau diberi hadiah. Hal ini akan membentuk rasa aman dan percaya diri pada anak.


4. Perlindungan

Perlindungan atau cara orang tua melindungi anaknya dari penyakit, cedera dan polusi. Perlindungan ini mencakup pemenuhan nutrisi juga imunikasi dan menyediakan lingkungan yang bersih untuk anak. Pasalnya, anak yang kurang zat besi misalnya akan melemahkan kecerdasan serta kekebalan tubuh yang dapat membuat dengan mudah terkena penyakit.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==